Rabu, 06 Januari 2010

Info Olahraga

OLIMPIADE 2012
Diusulkan, Polisi Bisa Geledah Kamar Atlet


Badan Olimpiade Inggris mengusulkan peraturan baru terkait doping. Peraturan itu membolehkan polisi masuk ke penginapan atlet pada pesta Olimpiade 2012 di London, Inggris, untuk menelusuri kemungkinan adanya obat- obatan pendongkrak performa di sana.

Presiden Asosiasi Olimpiade Inggris Colin Moynihan mengatakan, pihaknya berencana membawa draf aturan itu ke House of Lords. Katanya, polisi harus diberi kekuasaan lebih untuk mencegah penggunaan doping.

Moynihan, mantan Menteri Olahraga Inggris, ingin Inggris memiliki undang-undang antidoping seperti Italia dan Perancis. ”Artinya, jika seseorang positif menggunakan doping darah di tempat tinggal atlet tahun 2012, polisi punya hak untuk menyelidiki atas jaminan hukum,” kata Moynihan, sebagaimana dikutip AP, Selasa (5/1).

Komite Olimpiade Internasional (IOC) ingin semua tuan rumah olimpiade memiliki undang-undang antidoping. Tahun 2006 polisi Italia menggeledah barang pribadi tim cross country dan biatlon Austria pada Olimpiade Musim Dingin di Turin dan menyita alat serta bahan doping yang ditemukan.

Saat ini polisi baru bisa menyelidiki penyalahgunaan obat-obatan seperti heroin dan bukan obat doping. Jika proposal disetujui, polisi berwenang mengurus semua obat yang dilarang Badan Antidoping Dunia (WADA).

”Adalah perbuatan kriminal membawa doping di olahraga,” ujar Moynihan yang berharap draf aturan itu bisa diundangkan pada Juli 2011.

Kompas, 6 Januari 2010

Tidak ada komentar: